Tata Cara Shalat Intizar

Shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain

Yang dimaksud dengan shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah shalat sunnat yang pelaksanaannya itu ada kaitannya atau berhubungan dengan ibadah ibadah yang lain.

Adapun shalat (sunnat) yang termasuk dalam kategori shalat sunnat yang berhubungan dengan ibadah yang lain adalah sebagai berikut :

Untuk penjelasan mengenai shalat shalat sunnat yang lebih rinci, silahkan klik link link di atas . Smoga bermanfaat dan terimakasih .


SHALAT INTIZHAR

Yaitu shalat sunnat yang dikerjakan pada waktu masuk masjid saat menanti datangnya khatib shalat jumat atau shalat sunnat yang dikerjakan sebelum khatib naik ke atas mimbar untuk membacakan khutbahnya. Hukum mengerjakan shalat intizhar yaitu sunnat muakkad , merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Bilangan rakaat shalat intizhar


Bilangan rakaat shalat intizhar itu sedikitnya adalah adalah dua rakaat dan sebanyak banyaknya tidak terbatas. 

Tata cara mengerjakan shalat intizhar


Adapun cara mengerjakannya itu pada dasarnya sama dengan shalat shalat sunnat lainnya , hanya saja niatnya berbeda.


Keutamaan shalat intizhar


Sebagaimana shalat shalat sunnat lainnya , shalat sunnat intizhar juga mempunyai keutamaan yang sangat besar. Diantara keutamaan itu yaitu, bagi orang yang mengerjakannya maka dosa dosanya pada hari jumat pada waktu itu sampai hari jumat brikutnya akan diampuni oleh Allah SWT . Ditambah lagi tiga hari berikutnya. Sebagaimana yang telah diterangkan didalam sabda nabi SAW yang artinya :

“Barang sapa yang mau mandi pada hari jumat, lalu shalat Intizhar menurut kemampuannya, kemudian shalat bersamanya , ia akan diampuni dosa dosanya antara jumat itu dan hari jumat berikutnya , ditambah tiga hari”. (HR Imam Muslim, dari Abu hurairah)

Referensi

Anda juga dapat membaca artikel mengenai sholat sunat sebagai referensi dan menambah wawasan Anda. Didalam artikel tersebut kami telah membahas mengenai tata cara sholat seta keutamaan keutamaannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tata Cara Shalat Intizar