Tata Cara Shalat Tahajjud dan Bacaannya

Shalat tahajjud adalah shalat sunnat yang dikerjakan pada waktu malam hari , tepatnya yaitu sesudah shalat isya sampai terbitnya fajar. Shalat tahajjud harus dilakukan sesudah tidur, walaupun tidurnya hanya sesaat.

Hukum dari shalat sunnat tahajjud adalah sunnah muakkad. Yaitu sunnat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada para umatnya untuk senantiasa mengeerjakan shalat tahajjud. Karena di dalam shalat tahajjud itu memiliki keutamaan dan keistimewaan yang teramat banyak. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah SWT di dalam firman-NYA yang artinya sebagai berikut :

“Dan pada sebagian malam hari bersembayang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu , mudah mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” 

Dan juga sabda Rasulullah SAW :

“ Kerjakan lah shalat malam karena shalat malam itu kebiasaan orang orang shaleh sebelum kamu dahulu. Juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kalian kepada Tuhanmu , juga sebagai penebus segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan” (HR Imam Tarmidzi dan Ahmad)

Keutamaan shalat tahajjud

Beberapa keutamaan dari shalat tahajjud adalah sebagai berikut :

  • Bagi orang yang mau mengerjakan shalat tahajjud ia akan mendapat pahala shalat yang paling utama setelah shalat fardhu. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada sabda Nabi SAW yang artinya :

“ Rasulullah pernah ditanya : “Shalat apakah yang paling utama setelah shalat fardhu ?”. Sabdanya: “Shlat tengah malam (laili) “ (HR Jama’ah kecuali Imam Bukhari yang bersumber dari Abu Hurairah ra)

  • Akan menjadi orang yang paling dekat dengan Allah SWT sebagaimana yang telah diterangkan dalam sabda Nabi SAW yang artinya :

“Allah paling dekat dengan hambanya yang pada akhir pertengahan malam. Oleh karena itu jika kamu sanggup untuk menjadi orang yang mengingat Allah pada saat itu , maka kerjakanlah.” (HR Imam Tarmidzi dari ‘Amr bin ‘Abdah ra )

  • Akan menjadi orang yang selalu dicintai oleh Allah SWT
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat shalat tahajjud

Adapun manfaat shalat tahajjud bagi orang orang yang mengerjakannya adalah sebagai berikut :

  • Akan menjadikan memiliki sifat rendah hati. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya,

“Dan Hamba hmba tuhan yang maha penyayang itu (adalah) orang orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang orang orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka”.

  • Akan menjadikan pelakunya sebagai seorang yang selalu mensyukuri nikamat Allah SWT. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadits Nabi SAW yang artinya :

“Sungguh Rasulullah SAW berdiri dan shalat hingga kedua telapak kakinya atau kedua betisnya bengkok. Maka jawabnya :Bukankah aku ini seorang hamba yang banyak bersyukur”. (HR Jama’ah kecuali Imam Abu Dawud yang bersumber dari Mughirah bin Sya’bah ra)

  • Dapat melepaskan simbulgodaan syaitan (mengusir syaitan) serta menjadikan badan segar dan penuh semangat.

Waktu shalat tahajjud

Shalat tahajjud dikerjakan pada waktu malam hari setelah shalat isya sampai terbit fajar ( masuknya shalat subuh) . Namun sepanjang malam itu terdapat bagian bagian dari malam yang sangat mustajab , malam yang sangat utama untuk mengerjakan shalat tahajjud yaitu kira kira dari pukul 01.00 ampai terbitnya fajar ( masuknya waktu shalat subuh ) . Sebagaiman sabda Rasulullah SAW dalam sabdanya yang artinya :

“Tuhan kami turun ke dunia , ketika tinggal sepertiga malam terakhir , kemudian berfirman : “ Siapa yang berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang meminta pasti aku beri, siapa yang memohon ampun pasti Aku ampuni, sampai terbit fajar “

Yang dimaksud turun ke langit dunia itu adalah permintaan allah SWT dalam mengabulkan permohonan orang yang suka bangun malam dan mengerjakan shalat tahajjud serta memohon apa yang dihajatkan, adalah sangat diperhatikan dan mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Bilangan atau jumlah rakaat shalat tahajjud.

Jumlah rakaat atau bilangan rakaat shalat tahajjud itu sekurang kurangnya dua rakaat dan sebanyak banyaknya tidak terbatas. 

Tatacara shalat tahajjud

Tata cara mengerjakan shalat sunnat tahajjud itu pada dasarnya sam saja halnya mengerjakan shalat shalat sunnat lainnya. Perbedaannya hanya terdapat pada lafadz niatnya saja.

Lafadz niat shalat tahajjud

Berdasarkan kesepakatan para Ahli Fiqih ( ittifaq Fuqoha' ), letak niat ada di dalam hati ( wajibnya ). Dan menurut Jumhur Fuqoha' ( mayoritas Ahli Fiqih ) kecuali Maliki, bahwa " pengucapan" niat dengan lisan hukumnya sunnah, hal ini karena membantu hati dalam merealisasikan niat tersebut. Agar pengucapan dan pelafalan itu membantu " daya ingat", sedangkan Maliki tidak memandangnya sunnah karena tidak manqul dari Nabi saw. (Sumber : mudarosahkajianfiqih.blogspot.com)

Doa shalat tahajjud





Video Tutorial Sholat Tahajjud

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mengerjakan sholat tahajud, maka kami telah menyiapkan video tutorialnya dibawah ini. Silahkan ditonton dan dipahami. 






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tata Cara Shalat Tahajjud dan Bacaannya