Iman Kepada Hari Kiamat

Iman Kepada Hari KiamatIman kepada hari qiamat atau hari yang paling akhir, suatu hari yang mengakhìri kisah-kisah dunia, dunia yang indah dan sering orang tertipu karena cantiknya atau sangat menggeIiyurkan. Akan tetapi pada hari itu semuanya berakhir, pesta fatamurgana yang menyenangkan bagi orang yang berpikiran pendek akan tuntas pada hari itu. Satupun tidak ada mahluk yang mampu mengelak karena kayanya cantik atau kedudukannya, semua barang-barang seperti itu akan hancur setiap sendinya dan tidak akan bertemu lagi pangkal ujung. Hanya orang-orang yang beriman dan bertaqwa yang selamat dan benar ketika menerima mentah-mentah hari itu. Satupun tidak ada yang tahu kapan hari qiamat itu terjadi di bumi ini, namun sebagai umat yang beriman dan islam senantiasa mempercayai bahwa han kiamat pasti terjadi.

Diibaratkan dunia ini berputar dan awal sampai hari qiamat datang sama seperti matahari terbit dan timur dan kiamatnya nanti bila matahari sudah tenggelam di ufuk barat. Pada zaman Nabi Muhammad saw. ditafsirkan matahari sudah sampai pada waktu Ashar, tinggal beberapa jam lagi matahari tenggelam dan qiamat tiba. Tidak ada yang tahu satu jamnya itu berapa tahun, tapi yang jelas pada zaman Nabi Muhammad waktu dunia masuk waktu Ashar.


Diceritakan lagi apabila Nabi Isa Al Masih putra Maryam yang diangkat oleh Allah ke Iangit pada zamannya kelak Nabi isa akan turun kembali menjadi seorang hakim yang adil.

Sabda RasuIulIah dan Jahir bin Abdullah ia rnendengar Rasulullah saw. bersabda:

Segolongan umatku yang berjuang menegakkan kebenaran tidak akan berhenti sampai hari kiamat tiba dan mereka menang, ‘Rasulullah melanjutkan, “Sementara pada waktu itu Nabí ¡sa akan turun ke tengah tengah umat. Kemudian pernimpin-pernirnpìn mereka berkata kepada Nabi Isa, “Matilah tuan shalat bersama kami dan menjadi pemimpin kami.”
Nabi Isa langsung menjawab, “Tidak ! Tiap-tiap dianrara kamu boleh menjadi pemimpin bagi yang lain, adalah suatu kehormatan yang dilimpahkan oleh Allah pada umat tersebut”

Tanda-tanda kapan turunnya Nabi Isa ke bumi adalah sebagaimana disebutkan oleh hadist berikut ini :

" Abu Hurairah mendengar sabda Rasuiullah saw : Demi Alah , yang jiwaku dalam Kekuasaan-Nya, sesungguhnya sudah dekat suatu masa , dimana pada masa itu Nabi Isa akan turun di Tengah tengah kalian. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkan Salib itu, babi-babi di bunuh, pajak-pajak di hapus, dan sementara kekayaan harta akan semakin melimpah ruah, sampai-sampai satupun tak ada orang yang mau menerima pemberian." (HR.Muslim)

Bilamana hari sudah menemui kondisi demikian maka tdak akan lama lagi matahari akan terbit dari barat, dan itulah hari kiamat finish dan dunia ini. Hari yang paling agung dan dahsyat semakin terlalunya sarnpai-sampaí anak yang masih berada dalam kandungan keluar tanpa sepengetahuan ibunya. Mengisyaratkan bahwa hari kiamat betul-betul dasyat.

Akan memperoleh pelajaran yang tertinggi biIimana seorang muslim mempercavai sepenuh hati. percaya dengan sadar tanpa di paksa oleb pengertian atau dan sudut yang mengharuskan. Karena dengan mempercayai sepenuh hati maka hati ini akan selalu merintih keselamatan kepada Tuhan, menyembah dan berbakti atau senantiasa mencari bekal untuk dibawanya ke akherat sana, sebab la yakin suatu saat akan berakhir dengan kematian dan qiamat atau tidak. Hamba yang betul-belul meyakininya tidak akan tanggung menaruhkan harta dan jiwa demi menyelamaikan dirinya. Apa artinya hidup ini kalau terlalu condong kepada dunia tanpa memikirkan kondisi akherat sebah qiamat pasti terjadi.

Pada hari itu orang-orang yang berada dalam alam kubur di bangkìtkan hidup kembali. kemudian mereka dikurnpulkan dengan bara api yang membara, dikümpulkan jadi satu dan di hisab (dihitung). Bagi orang yang melanggengkan kesucian sewaktu di dunia pada hari itu tubuhnya bisa bersinar terang dan bagi yang jelek perbuatannya sewaktu di dunia la akan mengalami kesengsaraan Walau berjalan saja. Ketika tubuhnya berjasad kembali la akan menerima buku catatan tentang amal perbuatannya dan tangan kiri atau tangan kanan. Berbahagialah bagi orang-orang yang rnenerimanya dengan tanga kanan dan rugilah bagi orang-orang yang menerima dengan tangan kiri dan lebih celaka lagi bagi orang yang menerirna dengan berpaling, Setelah itu dilaluinya SHIROOTH yang sangat kecil, bilamana baik akan selamat dan masuk surga dan bila jelek akan jatuh ke Neraka. Bagi yang di Neraka di dalam sana di cuci dulu noda-noda dosa bertahun-tahun lamanya, kalau sudah bersih ia akan diangkat dan dinaikkan kesurga, kalau pada waktu mati ia membawa Iman. tapi kalau tidak membawa iman atau meninggal dengan musyrik atau kafir ia akan selama-lamanya di Neraka, Nau’udzu Billah!

Proses di atas adalah yang dilalui manusia sesudah dibangkit kan dari alam kubur. Tidak bisa dibayangkan berapa lamanya, karena pdaa waktu itu alam berbeda yang di sana akan menuju alarn surga atau neraka yang keseluruhannya di šebut aIam akhenat sebab itulah hari akhir proses manusia semenjak dari dunia fana ini, yang selanjutnya nanti manusia hidup tak akan pernah menemui kematian, kalau di surga akan selamanya di surga tanpa meninggal dan kalau di neraka bagi yang tidak mengakui adanya Tuhan Allah SWT. juga akan selamanya disiksa di Neraka. Pengakuan Iman seperti ini adalah sewaktu hidup di dunia, termasuk iman pada han akhir itu sendini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Iman Kepada Hari Kiamat