Nama Malaikat dan Tugasnya

Nama Malaikat dan TugasnyaIman adanya Malaikat-malaikat Allah. Malaikat tidak berwujud kasar dan tidak bisa dilihat oleh mata yang berkelopak.Makhluk yang halus dan mengemban tugas pribadi dari Allah untuk hamba-hamba-Nya. Termasuk dia menjaga ‘Arys, surga neraka dan ada yang bertugas mencatat setiap perbuatan baik buruk manusia.

Pengatur rizki, hujan dan juga malaikatlah yang mencabut nyawatermasuk malaikat itu sendiri, karena tidak ada perbedaan dalam kematian. Malaikat tidak mempunyai jisim atau tubuh sebab malaikat mahluk halus. Manusia tidak bisa melihatnya karena dia tidak berjisim sehagaimana manusia tidak mampu melihat udara. Karena udara adalah benda halus dan tidak berjisim. Manusia tidak bisa melihat udara tapi mampu merasakan udara, sehingga para manusia menarik kesimpulan bahwa udara ini ada dan selalu di sekitar kita. Orang-orang percaya terhadap adanya udara padahal mereka tidak pernah melihat udara, mereka percaya karena mereka merasakan. Makaikat juga demikian dan sudut pandangan manusia bahwa tidak pernah melihat, akan tetapi ia wajib percaya adanya malaikat walaupun tidak pernah melihat sehagaimana ia tidak pernah melihat udara tapi percaya adanya udara. 



Alat untuk merasakan adanya udara hanya dengan ketajaman panca indera. Akan tetapi alat untuk merasakan sehingga timbul iman kepada adanya malaikat adalah dengan kehalusan budi dan jiwa. Halusnya budi dan tajamnya jiwa akan rnampu mengantarkan pcrasaan ini percaya adanya malaikat. Namun sejauh itu manusia tetap tidak bisa melihat malaikat sehagaimana tetapnya ia tidak bisa melihat udara. Hanya para Nabi yang dianugrahi keistimewaan oleh Allah mampu melihat malaikat dalam bentuk aslinya. yang hertugas menyampaikan suatu masalah atau amanah dan Allah kepada Nabi, maka oleh Allah dilihatkan bentuk malaikat yang asli. 

Untuk orang-orang khusus, kekasih-kekasih Allah selain Nabi dan Rasul ada yang diberi keistimewaan dapat melihat malaikat akan tetapi tidak dalam bentuk yang asli. Artinya, malaikat dan bentuk halus berubah menjadi bentuk kasar dan berjisim. Kekasih kekasih Allah selain Nabi dan Rasul baru mampu mehihatnya, ini pun tidak sembarang orang di hadapan Allah SWT.

Berubahnya malaikat dan bentuk yang asli halus kepada bentuk berjisim, hal ini tidak menyulitkan pemikiran orang-orang lemah. Malaikat itu halus sebagaimana halusnya seseorang yang memiliki angan-angan. karena angan-angan tidak bisa dilihat dan tidak bisa diketahui bentuknia. sebab bentuk itu masjh halus belum terbukti atau kasar. Dalam jangka waktu tertentu angan angan itu terwujud berubah menjadi bentuk kasar. Sehingga dikatakan bahwa perubahan dan bentuk halus sehagaimana malaikat kepada bentuk kasar berjisim tidak akan menyulitkan pemikiran orang-orang lemah, sebab mulanya angan-angan yang tidak bisa dihihat akhirnya juga bisa dihihat oleh mata. Yang jelas wajib percaya dan beriman kepada malaikat karena ialah yang menjaga; masalah syar’iyah. keduniaan atau akherat, bahkan dalam ayat-ayat AlQur’an ada yang menjaga juga. 

Adapun malaikat yang wajib diketahui ada 10 dan tugasnya adalah sebagai beriut : 


1. Malaikat Jibril
Malaikat Jibril adalah malaikat paling utama dan malaikat yang pernah shalat dengan Rasulullah saw. Tugas dari malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu. Allah juga menamai Malaikat Jibril dengan “Ar-ruh al-Amin”

2. Malaikat Mikail
Malaikat mikail disebut juga Malaikat Mikal. Tugas dari malaikat Mikail adalah menurunkan hujan. Maka sudah sepantasnya kita bersyukur apabila hujan turun ke permukaan bumi, karena itu merupakan pemberian dari Allah melalui malaikat Mikail.

3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil diberi tugas untuk meniup sangkakala. Jika Allah memerintahkan kepada Malaikat Israfil melaksanakan tugasnya, maka yang akan terjadi adalah kehancuran alam dunia.

4. Malaikat Izrail
Tugas dari malaikat Izrail adalah mencabut nyawa dari setiap makhluk hidup, terutama manusia.

5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar mempunyai tugas memberikan pertanyaan kepada manusia ketika di alam kubur.

6. Malaikat Nakir
Tugas dari Malaikat Nakir sama dengan tugas Malaikat Munkar.

7. Malaikat Raqib
Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat amal baik perbuatan manusia. Sekecil apapaun amal baik kita, tetap akan dicatat sebagai amal baik oleh malaikat Raqib.

8. Malaikat Atid
Tugas Malaikat Atid adalah mencatat amal buruk perbuatan manusia. Maka kita harus haati-hati ketika melakukan suatu amalan. Sekecil apapun dosa yang kita lakukan baik disengaja ataupun tidak, pastilah akan ada buktinya kelak.

9. Malaikat Malik
Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga neraka.

10. Malaikat Ridwan
Sedangkan Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga syurga.

Perumpamaan diatas hanya untuk memudahkan. misal kondisi malaikat diumpamakan udara dalam segi halusnya. bukan artinya malaikat seperti keadaan udara, hanyalah bertujuan untuk memudahkan pengertian deinisi malaikat. Juga berubahnya malaikat dan bentuk halus kepada bentuk berjisim seperti manusia umpama, yang diidentikkan dengan angan-angan, itu juga sekedar perumpamaan saja untuk pemahaman. Bukan artinya perubahan itu seperti berubahnya angan-angan menjadi suatu bentuk kerja yang nyata. Yang jelas malaikat adalah makhluk tanpa jasad, diciptakan Dari Nur, dia tidak makan dan minum dan tidak pula ía melanggar dan maksiat terhadap perintah Allah SWT.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nama Malaikat dan Tugasnya