Niat Shalat Jumat Yang Benar

Sholat Jum’at merupakan ibadah sholat yang di laksanakan pada hari jum’at sejumlah dua rakaat berjamaah. Sholat jumat ini dikerjakan setelah khutbah. Hukum sholat Jum’at jumat itu sendiri yaitu wajib ‘ain untuk laki-laki / pria dewasa beragama islam, merdeka dan menetap di dalam negeri atau tempat tertentu. Sedangkan untuk wanita / perempuan, anak-anak yang belum baligh, solat jumat hukumnya tidak wajib.

Dalil Al-qur’an Surah Al Jum’ah ayat 9 :” Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”


Nah, untuk kali ini kami akan memposting mengenai Niat Shalat Jumat yang benar. Sekali lagi kami tekankan bahwa hukum membaca bacaan niat shalat adalah sunat. Sedangkan untuk niat yang menjadi rukun shalat yaitu letaknya di dalam hati kita masing masing. Untuk itu, marilah kita koreksi diri kita masing masing apakah niat sholat kita sudah benar atau belum. Jangan sampai kita berniat hanya dalam ucapan saja tetapi hati kita tidak ada niat.

Di bawah ini adalah lafadz niat shalat jumat yang di ucapkan oleh ma'mumnya :

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

"Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala"Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala. 

Untuk imamnya maka bacaan niat shalat jumat adalah sebagai berikut :


اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً امَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala. Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Cukup sekian informasi yag dapat kami sampaikan mengenai niat shalat jumat yang benar. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Niat Shalat Jumat Yang Benar